4 Mar 2013

Makalah Kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi SMA

Makalah Kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi SMA

Makalah Kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk SMAPerjalanan kurikulum di Indonesia di mulai dari tahun 1945 dan yang terakhir akan di adakan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013. Kali ini saya akan menposting makalah kurikulum 2004 (KBK). Untuk lebih rincinya yang bab II dan bab III silahkan download link di bawah.

Makalah Kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk SMA
Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk SMA

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Secara Etimologis, kurikulum berasal dari bahasa Yunani, yaitu carier yang artinya pelari dan curare yang berarti tempat berpacu. Jadi, istilah kurikulum berasal dari dunia olah  raga pada zaman Romawi Kuno di Yunani, yang mengandung pengertian suatu  jarak yang harus ditempuh oleh pelari dari garis start sampai garis finish.

Dalam bahasa Arab, kata kurikulum biasa diungkapkan dengan manhaj yang berarti jalan yang dilalui oleh manusia pada berbagai bidang kehidupan. Sedangkan  kurikulum  pendidikan (manhaj al-dirasah) dalam qamus Tarbiyah  adalah seperangkat perencanaan dan media yang dijadikan acuan oleh lembaga pendidikan dalam  mewujudkan tujuan-tujuan  pendidikan.

Kurikulum merupakan suatu hal yang penting karena kurikulum bagian dari program pendidikan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas pendidikan dan bukan semata-mata hanya menghasilkan suatu bahan pelajaran. Kurikulum tidak hanya memperhatikan perkembangan dan pembangunan masa sekarang tetapi juga mengarahkan perhatian ke masa depan. Tujuan pendidikan sekolah lebih luas dan kompleks karena dituntut selalu sesuai dengan perubahan. Kurikulum harus selalu diperbarui sejalan dengan perubahan itu. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan, kurikulum harus disusun secara strategis dan dirumuskan menjadi program-program tertentu. Karena harus selalu relevan dengan perubahan masyarakat, penyusunan kurikulum harus mempertimbangkan berbagai macam aspek seperti perkembangan anak, perkembangan ilmu pengetahuan, perkembangan kebutuhan masyarakat dan lapangan kerja dan sebagainya.

Perencanaan kurikulum harus meliputi beberapa aspek diantaranya tujuan, bahan, sumber, kegiatan belajar mengajar dan evaluasi sebagai dasar untuk menetapkan kurikulum. Dalam makalah pendek ini akan membahas masalah perkembangan konsep kurikulum dan hubungan antara perkembangan kurikulum dengan manajemen pendidikan.

B.     Rumusan Masalah
Dalam perumusan masalah ini penulis akan merumuskan tentang:
1.  Apa Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004)?
2.  Bagaiman Karakteristik Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004)?
3.  Bagaiman Kedudukan Geografi SMA dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004)?
4.  Apa Keunggulan dan Kelemahan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004)?

C.    Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.  Untuk mengetahui pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004)?
2.  Untuk mengetahui karakteristik Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004)?
3.  Untuk mengetahui kedudukan Geografi SMA dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004)?
4.  Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004)?

Untuk melengkapi makalah ini yang bab II dan III silahkan di DOWNLOAD
Makalah Kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi SMA
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.