3 May 2013

Wisata Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud
Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif yang terletak di antara kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Puncak Gunung Kelud berada di daerah adminitrasi Kabupaten Kediri. Perbatasan di puncak Gunung Kelud menjadi perdebatan sampai sekaran ini. Pasalnya sebelum tahun 2002 puncak gunung kelud belum ada tanda patok perbatasan secara resmi dari Kabupaten Blitar maupun Kebupaten Kediri. Ketidak pastian ini membuat resah Pemerintah Kabupaten Blitar ketika Pemerintah Kabupaten Kediri membangun jalan aspal menuju ke puncak Gunung Kelud.
Obyek wisata Gunung Kelud memang mempunyai prestasi dalam hal pariwisata. Obyek ini mendapatkan penghargaan sebagai obyek wisata alam terbaik se Jawa Timur pada tahun 2011. Selain itu Gunung Kelud masuk dalam 10 ke ajaiban Jawa Timur. Maka tak heran dengan segudang prestasi dan di tambah banyaknya wisatawan lokal maupun asing yang datang Gunung Kelud menjadi rebutan antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri.
Tiket masuk untuk wisatawan Rp 8.000 untuk hari biasa dan Rp10.000 untuk hari libur. Untuk tarif kendaraan bermotor roda dua ditarif Rp  1.000 dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda empat. Dari loket masuk kita masih melakukan perjalanan sekitar 6 km sebelum sampai di tempat parkir. Setelah memalkair kendaraan ada 3 obyek yang menjadi tujuan wisatawan yaitu air panas, anak Gunung Kelud dan puncak Gajah Mungkur. 
Kebanyakan wisatawan mengunjungi anak Gunung Kelud terlebih dahulu. Sebelum sampai di anak Gunung Kelud dari parkiran kita akan berjalan melewati terowongan ampera yang membuat suasana mencekam. Tapi tenang aja terowongan ini tidak angker hanya penampilanya yang membuat kita mencekam. Setelah melewati terowongan ini maka akan tampak panorama alam sebuah anak gunung yang muncul dari kawah Gunung Kelud.
Puas melihat panorama alam anak Gunung Kelud tak puas rasanya jika tidak mendaki puncak Gajah Munkur yang merupakan titik tertinggi di Gunung Kelud yang bisa di tempuh oleh wisatawan. Tidak perlu mempersiapkan peralatan mendaki untuk sampai ke puncak Gajah Mungkur karena sudah tersedia anak tangga dari semen untuk mendakinya. Nyali dan stamina yang fit harus kita miliki jika ingin mendaki ke Puncak Gajah mungkur karena ratusan anak tangga siap anda lalui.
Lelah setelah mendaki dan menuruni puncak Gajah Mungkur tentu sudah pasti. Jika belum lelah lanjutkan perjalanan anda ke air panas. Letaknya sebelum kita memasuki terowongan ampera, jadi kita harus kembali lagi menuju parkiran. Sebelum sampai di parkiran jangan lupa belok kiri untuk menuju air panas. Ratusan anak tangga anak menjadi rute untuk menuju air panas Gunung Kelud. Setelah sampai di air panas jangan lupa bawa telur atau singkong untuk di rebus dengan air panas ini. Sambil menikmati makanan yang telah di rebus hangatkan tubuh anda dengan air panas ini untuk menghilangkan rasa lelah anda dan menambah stamina untuk melanjutkan perjalanan pulang anda.
Setelah selesai menghangatkan badan, jika anda kurang puas menikmati wisata di Gunung Kelud luangkan waktu anda untuk menguji adrenalin anda dengan flying fox yang terletak di sebelah kiri parkiran. Tarif untuk menikmati flying fox sebesar Rp 20.000 per orang. Anda tertarik untuk berwisata ke Gunung Kelud??? Jangan lupa bawa telur atau makanan yang bisa di rebus untuk dimakan di kawasan Wisata Gunung Kelud akan menjadi pengalaman yang tak terlupa tentunya.  

Wisata Gunung Kelud
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.