Beranda Wisata Pendidikan Tips

Selasa, 07 Mei 2013

Sifat atau Ciri-ciri Tanah Aluvial


TANAH ALUVIAL
Tanah aluvial adalah tanah yang dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur dan cocok untuk lahan pertanian. Aluvial ialah tanah muda yang berasal dari hasil pengendapan. Sifatnya tergantung dari asalnya yang dibawa oleh sungai. Tanah aluvial yang berasal dari gunung api umumnya subur karena banyak mengandung mineral. Tanah ini sangat cocok untuk persawahan. Penyebarannya di lembah-lembah sungai dan dataran pantai.
Berdasarkan sifat atau ciri-cirinya
1.  Tekstur
Tekstur tanahnya liat atau liat berpasir
2.  Struktur
Tanah Aluvial yang dipersawahan akan berbeda sifat morfologisnya dengan tanah yang tidak dipersawahan. Perbedaan yang sangat nyata dapat dijumpai pada epipedonnya, dimana pada epipedon yang tidak pernah dipersawahan berstruktur granular. Sedangkan epipedon tanah Aluvial yang dipersawahan tidak berstruktur.
3.  Warna
Tanah Aluvial yang dipersawahan akan berbeda sifat morfologisnya dengan tanah yang tidak dipersawahan. Perbedaan yang sangat nyata dapat dijumpai pada epipedonnya, dimana pada epipedon yang tidak pernah dipersawahan berwarna coklat tua (10 YR 4/3). Sedangkan epipedon tanah Aluvial yang dipersawahan warnanya berubah menjadi kelabu (10 YR5/1).
4.  Bahan induk
Berdsarkan bahan induknya terdapat tanah Aluvial pasir, lempung, kapur, basa,asam dan lain-lain
5.  Konsistensi
Mempunyai konsistensi keras waktu kering dan teguh pada waktu lembab.
6.  Porositas
Kaya akan fosfot yang mudah larut dalam sitrat 2% mengandung 5% CO2 dan tepung kapur yang halus dan juga berstruktur pejal yang dalam keadaan kering dapat pecah menjadi fragmen berbetuk persegi sedang sifat kimiawinya sama dengan bahan asalnya.
7.  Permeabilitas
Permeabilitas umumnya lambat dan tanah peka terhadap erosi
8.  Kandungan bahan organic
Kaya akan fosfot yang mudah larut dalam sitrat 2% mengandung 5% CO2 dan tepung kapur yang halus dan juga berstruktur pejal yang dalam keadaan kering dapat pecah menjadi fragmen berbetuk persegi sedang sifat kimiawinya sama dengan bahan asalnya.
9.  Solum
Belum mempunyai perkembangan profil karena tanahnya masih muda yang berasal dari hasil pengendapan.
10.        Curah hujan
daerah-daerah dengan curah hujan rendah di dapat kandungan P dan K lebih tinggi dan netral.
11. Ph tanah
pH lebih rendah dari 6,5
                        
Gambar tanah aluvial

Tanah ini terdapat disemua pulau di Indonesia, didaerah dataran, pelembahan, daerah cekung dan disepanjang daerah aliran sungai-sungai besar di kelima pulau besar. Luasnya kurang lebih 7 juta hektar. Pada umumnya merupakan daerah pertanian utama dan pusat-pusat penyebaran penduduk. Digunakan untuk persawahan, peladangan, kebun kelapa, palawija dan untuk daerah perikanan.

1 komentar:

  1. izin copas materinya ya buat tugas geografi makasih banyak

    BalasHapus